Meski saat ini sudah banyak krim yang menyatakan mampu ‘menghilangkan’ keriput, tapi bukan berarti tak ada ramuan tradisional yang mampu melakukan hal yang sama. Selain bahannya mudah didapat, pembuatannya pun sederhana saja. Tertarik mencoba?
Berikut beberapa bahan yang bisa Anda gunakan:

MADU

Madu adalah hasil industri rumah tangga yang banyak tersedia dan ternyata mampu menghilangkan keriput. Yang harus Anda lakukan hanyalah membalurkan sedikit madu ke wajah, dan biarkan selama 25-30 menit. Setelah itu basuh wajah dengan menggunakan air hangat, lalu segarkan dengan es batu yang di usapkan ke seluruh kulit wajah. Pastikan es tersebut membasuh tempat-tempat yang dibaluri madu. Yang perlu diingat sebelum melakukan penanganan ini, wajah sebaiknya dibasuh terlebih dulu dengan air hangat-hangat kuku. Sehingga manfaat madu menjadi lebih efektif, karena pori-pori kulit wajah dalam keadaan terbuka.

PISANG

Buah ini termasuk yang paling efektif dan alami untuk dijadikan krim antikeriput. Cara mudah, lumatkan satu atau dua buah pisang hingga hancur dan lembut menyerupai krim. Balurkan krim pisang tersebut ke seluruh permukaan wajah. Biarkan hingga sekitar 30 menit, lalu bersihkan
dengan menggunakan air hangat. Tepuk-tepuk kulit wajah Anda dengan lembut, jangan sekali- kali mengusapnya hingga kering.

MINYAK KELAPA

Minyak kelapa murni juga mampu mengangkat kulit kering yang menimbulkan keriput. Cukup dengan membalurkan minyak kelapa hangat ke permukaan wajah. Lakukan proses ini sebanyak yang Anda butuhkan untuk mempertahankan kekencangan kulit wajah Anda. NANASBuah
kaya vitamin C ini juga sangat baik untuk melenyapkan keriput di kulit wajah. Anda tinggal mengupas kulit luarnya, lalu bagian daging buah yang terangkat beserta kulitnya dioleskan ke permukaan wajah yang bermasalah. Misalnya disekitar mulut, di bawah dan di sekitar mata serta lainnya. Biarkan cairan tipis nanas tersebut mengering di wajah Anda sekitar 20 menit, setelah itu basuh dengan air hangat atau air dingin.

*) Mengatasi bayangan hitam di bawah mata

Bayangan hitam di bawah mata merupakan salah satu faktor yang mampu mengurangi penampilan dan kesegaran wajah. Ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebab, salah satunya pertanda Anda kurang tidur atau tengah menderita alergi.Rona kehitaman di bawah mata, menurut ahli kesehatan, bisa juga pertanda gejala dari gangguan kesehatan serius. Terutama bila rona tersebut dibarengi dengan sakit radang tenggorokan atau demam. Ada
beberapa faktor yang bisa menjadi biang keladi adanya bayangan hitam di bawah mata, salah satunya adalah:

1. Akibat sinar matahari

Sinar matahari dapat menjadi penyebab adanya bayangan hitam di
bawah mata, sebab area di bawah mata lebih cepat berubah menjadi gelap dibandingkan kulit lain di sekitar wajah.


2. Kurang asupan nutrisi

Jika Anda kurang mengkonsumsi sayuran
berwarna hijau tua, maka rona kehitaman di bawah mata Anda adalah tanda kalau Anda mungkin mengalami kekurangan nutrisi. Untuk mengatasinya, konsumsilah makanan yang kaya akan antioksidan setiap hari.


3. Kurang tidur

Jika semalam atau kemarin malam Anda begadang, maka lingkaran hitam di bawah mata akan menjadi penanda Anda kurang istirahat (tidur). Semakin lelah Anda, kulit wajah akan semakin memperlihatkan aliran darah di bawah mata. Sehingga corak kulit di bawah mata Anda akan terlihat kebiruan atau lebih gelap.

4. Keturunan/genetik

Sayangnya, untuk sebagian orang, corak kehitaman di bawah mata sifatnya turun temurun atau genetik. Jika ibu Anda mengalaminya, bisa jadi Anda pun mendapatkannya.Umumnya ini akibat adanya pembesaran pembuluh darah. Pengaruh tingginya jumlah darah yang terdapat di area tersebut, membuat kulit menjadi terlihat lebih gelap dibanding warna kulit di bagian wajah lainnya.

Bagaimana cara mengatasinya?

Ada beberapa cara yang bisaAnda lakukan untuk mengurangi atau mengatasi warna gelap di bawah mata tersebut:

– Dengan produk kosmetik

Saat ini banyak produk kosmetik yang dapat membantu memutihkan rona hitam di bawah mata, tapi gunakan secara hati-hati dengan memperhatikan cara pemakaiannya.

– Cara tradisional

Rona hitam di bawah mata akibat mata lelah atau kurang tidur, bisa disegarkan dengan mengkompres mata dengan irisan ketimun atau tomat yang di tempelkan di mata.

– Tidur

Beristirahat atau tidur yang cukup selama 8 jam sehari, akan membantu Anda dalam menghilangkan rona kehitaman di bawah mata.

– Menghilangkan faktor pemicu

Menghilangkan atau meminimalisir penyebab timbulnya rona hitam tersebut. Pelajari apa faktor penyebab rona hitam di bawah mata Anda lalu sebisa mungkin menghindarinya.

zelaque.blogspot.com/2009/05/tips2-kesehatan.html