Radio adalah salah satu media masa dalam bentuk audio. yang paling unik dari radio itu mempunyai karakter yg berbeda dengan media massa lainnya.
di dalam Imagebuku ” broadcast jurnalism panduan menjadi penyiar, reporter dan script writer ” media radio memiliki ciri yang khas antara lain:
yang pertama yaitu Auditori. radio adalah ” suara ” , untuk didengar, karenanya isi siaran bersifat ” sepintas lalu ” dan tidak dapat diulang. pendengar tidak mungkin menoleh kebelakang sebagaimana pembaca koran yang bisa kembali kepada tulisan yang sudah di baca atau mengulangan bacaan.

yang kedua, Transmisi, proses penyebarluasan atau disampaikan kepada pendengar melalui pemanaran (transmisi).

yang ketiga, mengandung gangguan seperti timbul tenggelam (fading) dan gangguan tekhnis ” chanel noise factor ” .

yang ke empat, theater of mind radio mnciptakan gambar make picture dalam memiliki pendengaran kata dan suara. siaran radio merupakan seni memainkan imajinasi pendengar melalui kata dan suara pendengar hanya bisa mendengarkan dalam imajinasinya, apa yang dikemukakan oleh penyiar bahkan sosok penyiarnya sendiri.

yang kelima identik dengan musik . radio adalah sarana hiburan termurah dan tercepat sehingga menjadi media utama untuk mendengarkan musik . dalam hal musik , radio memiliki daya suprise seketika atau memberi kejutan karna pendengar biasa nya tidak tau lagu apa yang di sajikan berbeda dengan memutar kaset yang sudah bisa di tebak urutan lagu nya .