images

Mulut adalah salah satu syarat mutlak bagi seorang public speaker, dan suara menjadi media penyampaian yang cukup efektif. Namun ibarat sebuah pisau apabila tidak di asah akan menjadi tumpul. Kemudian bagaimana cara mengasahnya?. Hal yang harus diperhatikan ketika menjadi seorang public speker adalah Artikulasi. Artikulasi adalah kejelasan berbicara atau kejelasan mengungkapkan kata-kata, ketika anda berbicara untuk presentasi, sambutan acara ataupun untuk menjadi seorang MC di tuntut untuk jelas dalam berbicara. Ada beberapa faktor ketika seseorang berbicara artikulasinya tidak jelas seperti terlalu cepat berbicaranya, Kemudian mulut kurang di buka, sehingga dalam pengucapan huruf-huruf tertentu menjadi salah dalam pelafalannya. Mungkin anda juga pernah mengalami ketika berbicara karena detak jantung begitu kencang, akhirnya speed semakin cepat, berbicara jadi tidak jelas, mulut dan tenggorokan kering juga menambah sulitnya untuk berbicara secara jelas.

Artikulasi adalah bagian point penting dalam berkomunikasi, mungkin anda sendiri pernah bertemu dengan seseorang yang kurang jelas ketika orang itu berbicara, dan bagaimana yang anda rasakan ketika anda berkomunikasi dengan seseorang yang kurang jelas dalam berbicaranya?  Bingung, kurang nyaman mendengarkannya, kurang di mengerti ? Begitupun dengan  orang lain terhadap anda apabila artikulasi anda kurang jelas. Nah  bagaimana cara melatih artikulasinya ? Cara melatih artikulasi sebagai berikut.

  1. Latihan lidah. Anda bisa menempelkan ujung lidah anda ke bagian dinding atas mulut, kemudian coba untuk berbicara atau membaca buku, dan usahakan ketika membaca atau berbcara bisa terdengar jelas, walaupun akan terdengar aneh. Anda bisa mencobanya sekitar 15 menit, kemudian anda kembalikan kembali posisi lidah sperti semula dan coba berbicara atau membaca buku, anda akan merasakan ringan dan lancar ketika berbicara.
  2. Latihan lidah kedua. Anda bisa lakukan dengan mengigit sebuah pulpen, pensil ataupun stik es krim, kemudian coba untuk berbicara atau membaca buku dan usahakan terdengar jelas meskipun tidak akan sejelas ketika tidak menggigit stik, pulpen ataupun pensil. Dan setelah anda melakukan latihan tersebut selama 15 menit, silahkan lepaskan gigitan tersebut dan coba anda berbicara ataupun membaca kembali, anda akan merasakan lebih ringan dan lebih lancar lagi ketika berbicara ataupun membaca.
  3. Latihan bibir. Rapatkan bagian bibir atas dan bawah anda, kemudian tiupkan sehingga mengeluarkan bunyi “brrrrr-brrrr-brrr-brrr” anda bisa lakukan 10 sampai 15 menit sebelum presentasi, latihan untuk ini melatih otot-otot bibir dan berfungsi agar bibir tidak kaku ketika berbicara sehingga berbicarapun lancar. Mudah-mudahan tips kali ini bisa bermanfaat membantu anda dalam berkomunikasi secara verbal. Jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya ya..