285419_1804382603245_2637812_nTema siaran, berguna untuk mencairkan suasana biar gak boring. Menggunakan tema siaran itu bisa dikatakan gampang-gampang susah, perlu wawasan luas dan sedikit kreatifitas. Biasanya tema siaran dibuat dalam bentuk PERTANYAAN, fungsinya untuk mengajak pendengarnya interaktif atau aktif bersama penyiarnya, meskipun sifat pendengar radio itu pasif. Nah sebelum kita memberikan pertanyaan tema ke pendengar, kita harus memberikan prolog, basa- basi, atau bahasa kerennya itu BRIDGING dulu yang berkaitan dengan tema siaran yang akan kita bawakan. Dan yang harus diingat itu adalah berikan dulu contoh untuk memjawab pertanyaan tema yang sudah kita buat.

Contoh 1

Tema siaranGa PD itu kalo udah…?

 

Sahabat kreatif sempet ngalamin ga yang namanya SALTUM alias salah kostum ? // BT ga sih kalo kita udah yang namanya bela-belain buat dandan nemenin pacar atau temen ke salah satu acara / terus baju yang kita pake tuh ga match sama acaranya ? // acaranya resmi kita malah pake kaos doang / yang pasti itu GA PD BGT // Ga PD itu kalo udah jalan sama kecengan pake celana jeans terus sletingnya rusak dan ngebuka / OMG malu bangett //  nah kalo kamu sahabat kreatif / Ga PD itu kalo udah…? / smsin ya ke 081 660 9696 / So stay tune on Pro2 96 fm RRI Bandung ///

Contoh 2

Tema siaran :  kalo denger lagu …? Trus suka inget apa..?

 

Music is magic / kata orang-orang si kaya gitu // entah kenapa kalo denger lagu yang ngingetin sama mantan byasanya Jleub banget buat kita nya / atau dengerin satu lagu yang di puter di Flm / di nyanyiin sama seseorang berulang-ulang kadang suka jadi inget sama orang itu atau moment itu // kalo Alan si denger lagunya Nidji yang sumpah dan cinta matiku jadi ke ingetan flm tenggelamnya kapal Van der Wijck / sumpah flmnya kereeenn bikin mewek // nah kalo kamu sahabat kreatif  kalo denger lagu …? Trus suka inget apa..? 081 660 9696 barengan Alan Albana sampe jam 1 ntar ///

jadi berikan sebuah tema siaran dengan pertanyaan ringan, bisa di jawab dengan spontan, sperti BT itu kalo udah …?  jika pembahasaannya tentang BT, maka nanti bahan siarannya itu tips-tips seputar bagaimana mengatasi ketika BT alias Bad mood..

dan pertanyaan temanya bisa disesuaikan dengan apa yang sedang trend anak muda saat ini :)  mudah-mudahan dengan adanya yulisan ini bisa mempermudah ketika kamu siaran di radio anak muda🙂 selamat mencoba..

 

@ALbanaAlan